Travel

3 Kejadian di Pesawat yang Tak Pernah Terbayangkan

Naik pesawat bukanlah hal yang istimewa lagi saat ini. Hampir semua orang bisa naik pesawat, terbang dari satu kota ke kota atau negara lainnya. Masalah harga tiket tak terlalu jadi masalah karena calon penumpang bisa mencari info tiket pesawat promo. Setiap orang punya pengalaman naik pesawat yang berbeda-beda. Pengalaman itu tak hanya dirasakan oleh penumpang saja, tapi juga termasuk maskapai itu sendiri.

Kejadian pesawat jatuh akan membuat semua orang berduka, Namun, kejadian di pesawat ternyata tak hanya yang berbau duka. Masih banyak lagi kejadian di pesawat yang tak pernah terbayangkan dari hal aneh hingga lucu. Berikut rangkumannya untuk Anda.

  1. Saat Penumpang Mendadak Jadi Pilot

Syarat untuk menjadi pilot tentulah tidak mudah, Seseorang harus mengikuti sekolah pilot terlebih dulu hingga dua tahun dan tak sembarang orang dapat masuk ke sekolah pilot. Hanya orang yang memenuhi syaratlah yang bisa diterima seperti tinggi badan untuk pria minimal 170 cm, perempuan 165 cm serta memiliki penglihatan yang baik dan tubuh yang sehat.

Namun bagaimana jika ada penumpang yang tiba-tiba menggantikan pilot? Kok bisa?

Kejadian ini terjadi pada tanggal 19 November 2012. Pesawat Lufthansa dengan tipe Boeing 747 membawa 264 penumpang dari Newark ke Frankfurt.

Tiba-tiba pramugari membuat pengumuman, “Adakah penumpang di sini yang bekerja sebagai pilot?” Kurang lebih itulah sedikit penggalan pengumumannya.

Ternyata, Pilot pesawat Lufthansa tersebut mengalami migrain yang sangat hebat sehingga tak mampu melakukan tugasnya. Untungnya di dalam pesawat tersebut ada pilot North American Airlines. Penumpang pilot tersebut pun akhirnya menggantikan koleganya. Kejadian seperti itu sudah ada dalam prosedurnya dan proses penerbangan tetap dibantu oleh pramugari yang sudah sangat terlatih. Pesawat tersebut juga terpaksa mendarat terlebih dulu di Dublin. Pilot yang sakit akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit setempat dan penumpang harus menunggu selama enam jam untuk mencari pilot pengganti.

  1. Terbang Bersama Ribuan Lebah

Bukan hanya pesawat yang terbang di udara, bukan? Ada burung, kelelawar bahkan lebah. Lalu bagaimana jika sekawanan lebah terbang dan hinggap di pesawat, bahkan hingga menutupi kaca-kaca. Hal tersebut terjadi di Bandar Udara Internasional Domodedovo, Moskow. Ratu lebah diikuti kawanannya keluar dari bawah pesawat dan menutupi sayap dan kaca. Maskapai Rossiya dengan tipe pesawat Airbus-319 hendak lepas landas dari Bandar Udara Moskow menuju St. Petersburf, Rusia. Insiden penerbangan ini mengakibatkan penerbangan tertunda hingga satu jam. Namun, pihak Bandara dengan sigap mengusir kerumunan lebah dengan mengasapi dan memvakumnya serta menyiapkan dua unit ambulans.

Cerita serupa juga terjadi pada April 2015 lalu, saat kawanan lebah mengganggu penerbangan Minnesota Allegiant Airlines. Lebah-lebah tersebut sampai mengaburkan pandangan pada kaca pilot tapi akhirnya serangga-serangga tersebut tersedot ke mesin pesawat. Situasi seperti ini harus diantisipasi oleh maskapai penerbangan dan pihak Bandara karena ada beberapa jenis lebah yang memang suka terbang di ruangan terbuka mengikuti sang Ratu. Pun begitu saat Ratu Lebah lelah, mereka akan hinggap di mana saja. Sedangkan bahayanya bagi manusia yang tersengat lebah dapat mengakibatkan syok pada orang alergi dan menyebabkan serangan dari lebah lainnya.

  1. Penumpang Diturunkan dari Pesawat

Mungkinkah kru pesawat mengusir penumpang hanya karena berkeringat? Pasti Anda langsung mengerutkan dahi, “Kok bisa?”

Hal ini dialami oleh sepasang suami istri Muslim yang sedang berlibur di Paris, Prancis dan hendak kembali ke Cincinnati, Ohio. Pasangan Muslim yang diketahui bernama Faizal Ali dan Nazia ini telah duduk di dalam pesawat Deta Airlines selama 45 menit. Tiba-tiba petugas Delta Airline meminta mereka untuk keluar sekaligus membawa barang bawaannya. Petugas pun memberitahu bahwa mereka tidak dapat menumpangi pesawat Delta Airlines.

Di luar pesawat, petugas kepolisian Perancis sudah menunggu mereka dan bertanya seputar tujuan mereka pergi ke Paris. Polisi membebaskan pasangan suami istri tersebut setelah mengetahui bahwa tujuan mereka adalah merayakan 10 tahun hari pernikahan dan tak ada yang mencurigakan. Kemudian barulah pihak Delta Airline menjelaskan bahwa sepasang suami istri ini diusir karena sikapnya yang mencurigakan seperti menyembunyikan telepon saat pramugari melewatinya dan mereka terlihat berkeringat seolah-olah ketakutan.

Padahal faktanya, telepon tersebut sedang digunakan untuk menghubungi saudara mereka agar bisa menjemput di bandara. Sedangkan masalah keringat disebabkan oleh sirkulasi udara di pesawat tersebut tidak bagus. Akibal hal ini, pihak maskapai pun melakukan permohonan maaf dan melakukan kompensasi penuh.

Kejadian yang terjadi di pesawat terbang memang bermacam-macam. Bagaimana dengan Anda, pernahkah mengalami kejadian yang lucu, aneh, menakutkan atau memalukan? Bagi Anda yang terbiasa menggunakan pesawat untuk pergi ke mana saja, Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk cari tiket pesawat murah. Salah satunya bisa didapatkan melalui Reservasi.com. Anda dapat mengaksesnya melalui website dan aplikasi.

Terima kasih telah berkunjung ya. Tinggalkan komentar yang positif dan membangun.