Gaya Hidup, Kuliner

5 Fast Food Dunia yang Terkenal di Indonesia

Biasanya fast food dianggap sebagai makanan yang memiliki nilai nutrisi rendah, dengan banyak lemak, dan proses memasak atau menyiapkannya sangat mudah dan tidak lama.

Tapi, banyak makanan yang tergolong fast food yang kalau diartikan sebagai ‘makanan siap saji’ justru lebih mudah dan cepat diterima di berbagai belahan dunia. Bandingkan saja makanan pokok orang Amerika yang berbeda dengan orang Indonesia, tapi beragam fast food ala Amerika dengan mudah beradaptasi dengan lidah orang Indonesia. Tidak hanya terjadi di negara kita, fast food juga beradaptasi di negara-negara lain.

Meski sering dianggap tidak sehat, perkembangan makanan tergolong fast food semakin pesat. Berbagai modifikasi dan variasi rasa yang disesuaikan dengan lidah penduduk lokal membuat jenis makanan ini menjadi semakin terkenal.

Berikut beberapa makanan tergolong fast food yang menjamur di dunia, dan terkenal juga di Indonesia.

Burger atau Hamburger

Fast food asal Amerika terbuat dari lapisan roti dengan daging hewani, biasanya daging sapi. Istilah hamburger sebenarnya diambil dari bahasa Jerman, lebih merujuk ke nama sebuah kota yang pada perkembangannya akhirnya dianggap sebagai sebuah makanan yang berbahan dasar daging hewani.

Namun seiring perkembangan zaman, variasi burger atau hamburger kini dikembangkan sesuai dengan keinginan masyarakat lokal. Ada burger berbahan dasar daging unggas seperti chicken burger, turkey burger. Ada juga burger yang berbahan dasar ikan seperti tuna burger dan terakhir burger yang khusus bagi mereka yang lebih memilih sayur-sayuran sebagai bahan utama yaitu veggie burger atau vegan burger.

Tempeh-Burger-with-Cheese-Avocado-1024x683
dok. foto : latestvegannews.com

Di Indonesia, burger hadir dengan variasi rasa yang disesuaikan dengan lidah lokal yang menyukai rasa yang kuat dan tajam. Burger kini dipadukan dengan masakan asli Indonesia seperti Burger Rendang. Sausnya juga berasal dari berbagai bumbu khas Indonesia, seperti mayonaise yang diganti dengan olesan sambal Taliwang.

Rantai penjualan dari makanan ini juga mendunia. Di Indonesia, kita mengenal Kentucky Fried Chicken, McDonald, Burger King, Carl’s Jr. A&W dan lain-lain. Tapi tidak hanya dari negeri asalnya, kini juga sudah banyak perusahaan franchise burger lokal yang mulai berkembang seperti Edam Burger, Burger Blenger, Mistar Burger dan masih banyak lagi.

Pizza

Pizza adalah roti berbentuk bundar yang dipanggang, di bagian atas roti ditaburi campuran sayur, potongan lauk tertentu, keju dan saus. Jenis sayuran dan potongan bahan makanan tambahan di atas roti atau bahkan disisipkan di bagian pinggir roti bisa dipilih atau disesuaikan dengan selera masing-masing.

Anak-anak, tua muda dan remaja semua menyukai makanan yang berasal dari Italia ini. Meski tidak se-terkenal Burger yang lebih dulu masuk ke Indonesia, tapi seiring perkembangan zaman, Pizza juga mulai akrab di lidah masyarakat Indonesia. Meski harganya tidak murah untuk kantong anak muda, tapi rasanya yang khas dengan cepat membuat makanan ini dikenal baik.

Beberapa franchise luar negeri seperti Pizza Hut, Domino’s Pizza dan lainnya, melakukan inovasi rasa dengan menggunakan bumbu khas lokal agar minat pembeli meningkat sekaligus mengurangi biaya produksi terhadap bahan produk yang harus diimpor dari negara lain. Kandungan nutrisi yang dianggap berkalori tinggi kini juga dimodifikasi agar menjadi menu yang lebih sehat.

cheeseburger-pizza-6
Dok. foto : spicysouthernkitchen.com

Akibat minat luar biasa para penikmat pizza lokal, sekarang juga mulai bermunculan franchise lokal yang mengembangkan berbagai pizza dengan bumbu lokal dan teknik pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Bahkan pizza yang lebih dikenal dengan sajian di restoran, kini hadir ala warung tenda atau gerobak di mal-mal beberapa kota besar. Pizza juga tak lagi dijual dengan lingkaran bulat utuh, tapi berupa slice atau potongan yang harganya lebih terjangkau.

Mie Instan

Mie instan adalah makanan yang terbuat dari tepung yang dipadatkan lalu dibentuk memanjang, dimasak dan dikeringkan. Proses penyajiannya cukup direbus atau direndam dengan air panas terlebih dahulu sebelum diberi campuran bumbu atau diolah lagi menjadi jenis makanan tertentu.

Makanan berjenis fast food yang satu ini dikenal hampir seluruh orang Indonesia. Bahkan salah satu produk unggulan mie instan di Indonesia, menjadi merek terkenal di negara lain.

Meski makanan jenis ini sangat digemari masyarakat dunia. Tapi jenis dan bumbu mie yang menjadi khas negara masing-masing ini berbeda. Maka, walaupun ramyun atau ramen digemari oleh masyarakat di negara Korea, tapi di Indonesia mie instan yang lebih digemari adalah indomie dengan bumbu khas seperti kari ayam, ayam bawang dan lain-lain. Jadi jangan heran saat melihat ada turis Korea merasa perlu membawa beberapa bungkus ramen ketika travel ke luar negeri atau wisatawan Indonesia yang tak pernah melupakan indomie tiap kali bertandang ke negara lain. Bahkan mereka yang berada di luar negeri selalu merindukan mie instan negerinya masing-masing. Tak lengkap tanpa mie produksi dalam negeri yang khas.

Mama_instant_noodle_block.jpg
Dok. Foto : en.wikipedia.org

Perkembangan mie instan di dunia kuliner membuatnya kini hadir dengan berbagai variasi penyajian. Ada yang digoreng, direbus dan dipanggang. Karena mie instan juga dianggap junk food yang tidak sehat, kini banyak yang menyajikan mie instan dengan tambahan sayur mayur atau lauk pauk lengkap. Bahkan ada schootel yang terbuat dari mie instan.

Indonesia adalah salah satu negara produsen mie instan terbesar di dunia (wikipedia). Juga termasuk salah satu negara yang rakyatnya banyak mengkonsumsi produk ini. Produk mie Indonesia, yaitu Indomie juga sangat terkenal di Nigeria. Di negeri ini, produk mie merek apapun disebut dengan nama merek tersebut saking terkenalnya. Padahal di Indonesia sendiri, produsen mie cukup beragam.

Ayam Goreng / Fried Chicken

Fried Chicken atau Ayam goreng tepung adalah potongan daging ayam yang dibaluri oleh tepung berbumbu dan digoreng hingga berwarna kuning keemasan, rasanya gurih dan renyah.

Ayam Goreng Tepung atau Fried Chicken menjadi salah satu jenis fast-food khas Amerika. Beberapa perusahaan yang menjadi jaringan fast food ini telah mewabah di Indonesia. Sebut saja KFC, McDonalds, A&W, CFC dan lain-lain.

maxresdefault.jpg
Dok. Foto : i.ytimg.com

Meski berasal dari Amerika, produk ayam goreng di Indonesia disesuaikan dengan selera lokal. Ragam makanan pelengkap lain seperti nasi dan sayur juga menjadi tambahan penyesuaian terhadap produk yang satu ini.

Sekali lagi, sama seperti jenis fast food yang lain, Ayam Goreng khas Amerika ini juga mengundang para pengusaha kuliner Indonesia untuk membuat ayam goreng namun dengan rasa lokal. Sekarang banyak bermunculan kemitraan usaha ayam goreng yang merupakan brand lokal seperti Hisana, Crispyku, Orchi dan lain-lain.

Pada awalnya fried chicken hadir dengan penampilan bersih, gurih dan renyah dengan saus terpisah. Tapi seiring dengan perkembangan kuliner dan hasil percampuran kebudayaan, kini juga hadir ayam goreng atau fried chicken bersalut saus khas. Bentuknya juga banyak bertransformasi, dari potongan besar menjadi potongan kecil-kecil yang renyah dan lebih mudah dikonsumsi.

Donat

Donat adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan campuran tepung, gula, telur, mentega dan ragi lalu digoreng. Bentuk dasarnya yang paling umum bulat dengan lubang di tengah seperti cincin yang dihias dengan beraneka topping dan yang bentuknya bundar dengan isian manis seperti krim, jelly, susu dan lain-lain.

Asal usul makanan yang satu ini masih belum jelas. Donat telah dikenal luas oleh masyarakat dunia sejak lama. Di Indonesia, donat diperkenalkan oleh gerai penjual donat dari Amerika yaitu Amerika Donut, yang kemudian diikuti dengan dibukanya salah satu gerai donat yang terkenal hingga kini yaitu Dunkin Donuts.

tumblr_static_donutsnews.jpg
Dok. Foto : Tumblr.com

Sama halnya dengan fast food, pengusaha kuliner lokal juga bergeliat dengan inovasi masing-masing untuk menampilkan ciri khas donat sebagai produksi mereka. J.Co salah satu brand donat lokal telah berhasil menghidupkan kembali kegemaran masyarakat terhadap fast food yang satu ini.

Namun, tidak berarti makanan ini bersifat eksklusif karena banyak sekali donat-donat buatan masyarakat yang diperdagangkan dengan harga lebih terjangkau dan rasa yang juga bervariasi. Malah ada donat kentang, yang menjadi hasil inovasi masyarakat kalangan bawah untuk mendapatkan donat dengan kualitas baik berharga murah. Donat kentang bertekstur lebih lembut dibandingkan donat pada umumnya.

Demikian beberapa jenis fast food yang juga menjadi makanan favorit masyarakat di Indonesia. Meski disesuaikan dengan selera lokal, tapi semua fast food tersebut kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat terutama di daerah perkotaan. Pembauran selera dan budaya juga memunculkan jenis fast food yang lebih bervariasi dan beraneka ragam. Bahkan keterlibatan pengusaha kuliner lokal yang inovatif semakin memperkaya ragam fast food dan meningkatkan daya saing yang mengutamakan selera penikmat. Setidaknya pilihan itu ditentukan oleh masyarakat, bukan lagi

Terima kasih telah berkunjung ya. Tinggalkan komentar yang positif dan membangun.