Tulisan Terakhir

Kunci Keberhasilan Kuliah di Universitas Terbuka

Banyak teman-teman yang ingin kuliah di Universitas Terbuka, tapi tidak tahu kalau sistem pengajaran dan administrasi di dalamnya berbeda dengan universitas reguler lain. Karena Universitas Terbuka adalah satu-satunya universitas pendidikan jarak jauh di Indonesia, maka sistemnya jadi sedikit kurang dikenal kecuali sudah menjadi mahasiswa. Padahal kalau ditelusuri lebih jauh, justru sistem online di Universitas Terbuka sangat memudahkan bagi mahasiswa-mahasiswi.

Berikut ini saya memberikan step-step untuk bisa sukses menjadi mahasiswa-mahasiswi yang belajar secara online di Universitas Terbuka.

  • Sebelum Registrasi

Sebelum registrasi, pelajari dulu katalog yang ada. Katalog bisa diperoleh secara online melalui website Universitas Terbuka (LINK) atau secara offline dengan datang langsung ke UPBJJ terdekat. Klik Daftar UPBJJ terdekat untuk mengetahui UPBJJ terdekat dari domisili.

Tidak semua istilah dalam sistem pengajaran atau administrasi dipahami dengan mudah, karena itu tandai atau tulis pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dalam benak ketika membaca isi katalog.

Setelah Anda selesai membaca katalog dan ingin mengetahui jawaban pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat membaca katalog, maka akan lebih baik untuk langsung mendatangi UPBJJ setempat. Di sana, penjelasan lebih spesifik akan diberikan oleh petugas-petugas UPBJJ untuk membuat Anda lebih memahami sistem di Universitas Terbuka.

Link : Katalog

  • Registrasi, dan pengaktifan akun

Setiap mahasiswa baru yang mendaftar disarankan untuk selalu melakukan pendaftaran secara offline atau langsung datang pada UPBJJ setempat. Saat melakukan pendaftaran secara offline itu, mintalah informasi cara registrasi mata kuliah secara online untuk semester selanjutnya nanti. Kecuali Anda sudah memahami proses registrasi secara online tersebut dari penjelasan di Katalog atau website UT.

Link REGISTRASI

Ada empat macam jenis Registrasi yaitu :

Registrasi pertama sebagai mahasiswa baru dan sekaligus mendaftarkan mata kuliah yang ingin diambil. Lebih baik mengambil mata kuliah yang disarankan dalam kurikulum di katalog.

Registrasi mata kuliah, yang dilakukan setiap semester baru dimulai atau mendaftarkan mata kuliah yang ingin diambil dalam semester berikutnya.

Registrasi Ujian Ulang, yang dilakukan ketika ada mata kuliah yang sudah diambil tapi ingin diulang kembali. Mata kuliah ini biasanya nilai di bawah standar dan ingin memperbaiki nilai tersebut

Registrasi Tugas Akhir Program (TAP) & Karil (Karya Ilmiah), yang dilakukan ketika seluruh mata kuliah Pendukung TAP telah diambil (atau bisa diambil bersamaan)

Setelah registrasi dan membayar biaya kuliah, LIP (Lembar Informasi Pembayaran) harus disimpan baik-baik. Aktifkan segera akun di website UT untuk registrasi mahasiswa baru, website student, dan toko buku online. Pastikan untuk menyimpan baik-baik password dan email yang digunakan bukan yahoo.

Selanjutnya untuk lebih mempermudah pembayaran di masa mendatang, sebaiknya Anda membuka rekening di Bank-bank yang bekerja sama dengan Universitas Terbuka. Kalau membayar secara manual, seringkali sistem onlinenya terganggu dan bisa-bisa terlambat melakukan pembayaran sehingga batas waktu pembayaran LIP habis.

LINK MAHASISWA

LINK TBO KARUNIKA

  • Perencanaan

Rencana sangat penting dalam proses belajar di UT. Begitu Anda resmi menjadi mahasiswa baru di UT dan telah meregistrasi sesuai dengan mata kuliah yang disarankan, maka segera lakukan rencana yang baik.

Kalau Anda memilih program NON SIPAS, artinya mata kuliah yang akan diregistrasi ditentukan oleh Anda sendiri, dengan biaya dihitung per sks. Maksimal 24 SKS dalam satu semester. TTM tidak ada dalam program ini kecuali Atas Permintaan (Atpem)

Untuk UPBJJ Jakarta, TTM Atpem diadakan untuk beberapa mata kuliah umum atau memiliki banyak peminat. Setiap kali masa registrasi dimulai, daftar TTM Atpem juga diumumkan di website UPBJJ setempat. Pastikan Anda juga mempelajari TTM Atpem yang tersedia walaupun belum diambil. Ini untuk memudahkan dalam menyusun rencana.

LINK : Daftar UPBJJ

LINK : Contoh Daftar TTM

Setelah itu, buatlah rencana program mata kuliah yang ingin Anda ambil sampai ke semester terakhir, termasuk TAP dan Karil. Ingat untuk TAP dan KARIL ada mata kuliah yang harus diselesaikan. Dengan perencanaan ini, Anda bisa lebih menyusun cara belajar yang paling tepat, termasuk menghadapi kemungkinan jika ada pelajaran yang harus diulang. Perhatikan jam ujian agar tidak bentrok satu sama lain, karena kalau bentrok Anda harus mengambil SUO (Sistem Ujian Online) dan tidak semua mata kuliah terdaftar dalam SUO.

Setelah itu, buat jadwal belajar kalau masa Tutorial Online dimulai untuk mata kuliah yang sedang Anda ambil sekarang. Ada beberapa cara mengatur jadwal belajar.

Sebelum itu, saat Anda mengikuti TUTON, pastikan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

  • Aktif dalam komunikasi di forum diskusi

Aktif artinya tidak sekedar mengiyakan atau setuju opini teman, tidak mencopy paste informasi atau data tanpa source yang jelas, tidak melakukan obrolan online yang keluar dari materi atau tidak asal-asalan menjawab/merespon

  • Menyelesaikan latihan dan ikut mengoreksi atau mempelajari hasil latihan dari rekan sekelas.

Saat mengoreksi kesalahan, cantumkan alasan dan sumber yang Anda gunakan.

  • Mengirimkan tugas atau latihan minimal sehari sebelum batas waktu yang ditentukan (deadline) pada link yang telah ditentukan

Belajar Satu hari Satu Mata Kuliah.

Cara belajar ini efektif untuk mereka yang mengambil mata kuliah kurang dari delapan. Tapi agak sulit diterapkan pada mata kuliah yang lebih dari tujuh, karena ada satu hari yang harus mempelajari dua mata kuliah sekaligus. Jika merasa ini yang paling tepat untuk Anda, maka jadikan satu mata kuliah yang SKSnya hanya 2. Kalau berada dalam minggu Tugas, maka Anda harus menyelesaikan tugas satu hari satu tugas mata kuliah selama seminggu (untuk tujuh mata kuliah)

Jadwal

Matkul 1

Matkul 2

Matkul 3

Matkul 4

Matkul 5

Matkul 6

Matkul 7

Belajar Materi

Hari 1

Hari 2

Hari 3

Hari 4

Hari 5

Hari 6

Hari 7

Aktif di Forum

Upload Latihan/ Tugas

Membaca Isi Diskusi

 

Belajar Mengikuti TUTON

Tuton dilaksanakan dalam 8 Minggu, dengan tugas di minggu 3, 5 dan 7. Begitu dimulai, pelajari semuanya sekaligus atau dibagi dalam beberapa hari. Misalkan untuk minggu biasa non tugas yaitu dengan tiga hari dalam seminggu digunakan untuk mempelajari materi, hari keempat untuk aktif di forum diskusi atau mengisi latihan, hari kelima untuk mengoreksi atau berdiskusi mengenai latihan yang dikerjakan dan hari keenam  ketujuh untuk membaca seluruh diskusi yang ada.

Sementara minggu tugas yaitu dengan tiga hari mempelajar materi, hari keempat aktif di forum diskusi dan latihan, hari kelima untuk menyelesaikan tugas dan hari keenam / ketujuh untuk membaca diskusi pembahasan minggu tersebut.

Jadwal

Matkul 1

Matkul 2

Matkul 3

Matkul 4

Matkul 5

Matkul 6

Matkul 7

Belajar Materi

Hari 1

Hari 2

Hari 3

Aktif di Forum

Hari 4 (persiapan pengerjaan Tugas)

Upload Latihan/ Tugas

Hari 5

Membaca Isi Diskusi

Hari 6

Hari 7

 

Intinya setiap hari kita harus meluangkan waktu setidaknya satu atau dua jam untuk online di website student. Sebaiknya, pelajari modul jauh sebelum masa tuton dimulai agar materi lebih mudah dikuasai dengan cepat.

Satu hal lagi adalah agar selalu memperhatikan kalender akademik yang diupdate setiap semester. Kalender ini akan menentukan kapan tuton dimulai, ujian dilaksanakan, TAP atau KARIL, Wisuda dan sebagainya. Namun, untuk beberapa hal seperti waktu OSMB ditentukan oleh UPBJJ masing-masing. Sementara yang bersifat online semuanya sama (masa registrasi, jadwal tuton, UAS, dan SUO).

  • BERSOSIALISASI

Setelah mengetahui dan memahami seluruh sistem administrasi dan belajar di UT, selanjutnya adalah mencari teman belajar.

Caranya : Kunjungi fan page atau halaman grup dari Universitas Terbuka di berbagai media sosial seperti Twitter atau Facebook. Informasi-informasi terbaru terutama soal kalender akademik akan selalu diupdate.

Jangan lupa untuk mencari halaman grup dari jurusan yang Anda pilih, karena biasanya ada banyak halaman grup yang dibuat untuk lebih memudahkan kita menemukan rekan belajar. Kalau tidak, buatlah halaman grup sendiri. Share informasi pembentukan tersebut di halaman grup UT yang resmi atau dalam forum diskusi mahasiswa di website student.

Setelah itu, adakan pertemuan agar lebih memantapkan proses belajar bersama itu. Pertemuan bisa diadakan di perpustakaan umum atau nasional daerah setempat. Atau tempat lainnya yang mungkin lebih nyaman. Teman-teman di UPBJJ Jakarta banyak yang memilih mal-mal yang suasananya tenang untuk belajar bersama.

Agar pertemuan lebih efektif, kumpulkan masalah-masalah dalam materi yang ingin dibahas secara spesifik dan selesaikan bersama-sama. Atau libatkan pengajar dari luar atau kakak senior yang lebih memahami untuk membantu penjelasan.

Terakhir adalah mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan organisasi mahasiswa. Ada banyak organisasi mahasiswa UT yang biasanya berkumpul saat OSMB. Mulai dari organisasi khusus untuk dunia penulisan, khusus jurusan tertentu sampai yang bersifat global atau campuran dari berbagai jurusan. Setiap kali selesai UAS, beberapa organisasi itu melakukan banyak kegiatan seperti travelling bersama, lomba-lomba dan lain-lain. Selama program kegiatan berlangsung, kita bisa berinteraksi dengan teman seangkatan atau senior-senior yang lebih memahami seluk beluk Universitas Terbuka. Jangan segan apalagi takut untuk berkenalan dengan mereka.

Semoga beberapa hal di atas bisa membuat Anda lebih mudah membiasakan diri dengan sistem pembelajaran dan administrasi di Universitas Terbuka.

******

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Terima kasih telah berkunjung ya. Tinggalkan komentar yang positif dan membangun.