Tulisan Terakhir

Drama Korea THE Producers : Cerita Fiksi di Balik Reality Show

Kangen sama Kim Soo Hyun, si Do Min Joon dari My Love From the Star? Sekarang sudah ada drama terbarunya yang berjudul THE Producers. Dari rumpi-rumpi yang beredar di kalangan fans drama Korea, drama ini adalah drama terakhir KSH sebelum mengikuti wamil. Itu juga yang menyebabkan drama yang memilih rating cukup bagus ini berlangsung sangat singkat, hanya 12 episode.

Yang menarik dari drama ini adalah ceritanya yang tak biasa karena mencampur fiksi dengan kehidupan nyata di balik layar salah satu stasiun televisi terbesar Korea yaitu KBS. Beberapa variety show terkenal dari KBS ikut dilibatkan dalam drama ini. Sebut saja Entertainment Weekly, The Return of Superman, Immortal Song, 2 Days 1 Night, Music Bank, Gag Concert, Star Wars dan lain-lain.

Drama ini berkisah tentang kehidupan para Produser variety show tersebut. Salah satunya adalah kisah cinta segiempat yang terjadi di antara para Produser dan seorang artis itu dimulai ketika Cindy (IU), artis top yang angkuh dan dingin jatuh cinta pada Baek Seung Chan (Kim Soo Hyun), Produser junior di 2 Days 1 Night. Padahal Baek Seung Chan ini justru menyukai seniornya Tak Ye jin (Gong Hyo-Jin), produser Music Bank yang menyimpan cinta bersejarah panjang dengan Ra Joon-Mo (Cha Tae-Hyun), Produser senior di 2 Days 1 Night.

Mungkin kalau yang terbiasa dengan drama korea akan sedikit kebingungan kalau melihat di setiap seri drama ini, akan ada pemainnya yang berbicara sendiri dengan kamera. Drama ini disebut juga dengan reality drama, jadi setiap pemain akan berbicara seolah-olah mereka sedang diwawancara tentang kejadian yang baru saja terjadi. Contohnya saat Baek Seung Chan yang mengeluhkan Tak Ye Jin yang tak bisa memahami pesan isyarat untuk perasaannya, sebaliknya Tak Ye Jin justru menganggap dirinya sangat mudah memahami orang lain di sekitarnya termasuk Baek Seung Chan (episode 10).

Mungkin dalam sejarah drama, inilah drama yang paling banyak menampilkan bintang-bintang terkenal Korea dan mereka menjadi diri mereka sendiri. Hebat ya? Jo Yoon-Hee, Kim Tae-Yeon, Seohyun, Tiffany, Yoon Yeo-Jung, Hwang Shin-Hye, Geum Bo-Ra, Hyun Young, Gil Jung-Woo, Lee Ji-Won, Park Jin-Young (JYP) Shin Dong-Yub, Yun Jong-Shin, Cho Jung-Chi, Hani (EXID), Lee Young-Ja, Jo Kwon, Nichkhun (2PM), Jung Chan-Woo, Jang Hyuk, Lee Chun-Hee, Sandara Park (2NE1), Kang Seung-Yoon, Lee Seung-Gi, Go Ara dan lain-lain. Pokoknya tiap episode selalu ada cameo-cameo artis yang muncul.

Yang paling saya suka adalah kemunculan Lee Seung-Gi yang dikesankan sebagai artis yang selalu ingin kelihatan baik di manapun demi sebuah image, dan Hani (EXID) yang diceritakan sempat akan bergabung dalam 2D1N yang kemudian membuat masalah karena mabuk, namun di kantor polisi pun Hani tampil dengan goyang khasnya yang Upside Down itu. Lalu ada Sandara Park yang lebih suka dipanggil Dara daripada Unni karena malu pada usianya dan JYP yang over percaya diri. Entah apa karena ini karena rumor yang sering ditiupkan media dan fans, yang terjadi malah mereka menampilkan persis seperti yang digambarkan dalam rumor itu.

Cerita berputar tentang kehidupan di kantor KBS, tentang aturan ‘tak tertulis’ antara Senior dan Junior yang lebih kelihatan seperti bullying tak langsung dibanding proses adaptasi sebagai karyawan baru, persaingan tidak sehat antar produser sampai soal menggunakan fasilitas dan barang-barang kantor. Sisi yang ironi ketika seorang administrasi staf berjuang untuk menghemat penggunaan peralatan tulis kantor namun justru ada produser senior dengan sengaja mengajak anak istrinya di tiap acara makan atau gathering kantor. Sistem ABS (Asal Boss Senang) yang sangat terkenal di Indonesia itu juga ternyata juga ditampilkan dalam drama ini. Sedikit berlebihan tapi mungkin itu nyata sehingga dianggap menarik untuk diangkat sebagai sebuah sindiran dalam drama.

Sedangkan menyindir kehidupan artis dan agensi mereka, drama ini mengajak penonton melihat kehidupan Cindy yang berjuang untuk tidak menjadi Yuna, salah satu artis yang didepak dari dunia hiburan ketika mulai melawan agensinya sendiri yang diwakili CEO Byun.

Sepertinya rumor tentang eksploitasi berlebihan yang dilakukan berbagai agensi artis di Korea serta peran mereka mematikan karir artis binaannya sendiri dalam sekejap ada benarnya juga. Secara nyata, banyak sekali cerita artis-artis yang tenarnya bukan main langsung menghilang tanpa jejak begitu memutuskan kontrak dengan agensi mereka.

Dalam kisah Cindy, hal ini sedikit diangkat untuk membuka mata kita mengenai kehidupan di balik kesuksesan seorang artis. Ketidakmengertian terhadap hukum dan kontrak inilah yang menjadi sumber masalahnya. Buktinya setelah Cindy memahami melalui penjelasan salah satu teman dari website anti-fannya (ini memang aneh, karena lelah dengan dirinya sendiri, Cindy menjadi anggota dari sebuah website anti-fannya sendiri dan kemudian ditunjuk menjadi salah satu admin website tsb) akhirnya Cindy bisa mengancam balik posisi CEO Byun dan mengamankan kontraknya yang mulai dibayang-bayangi pendatang baru. Soal anti-fan Cindy, ternyata manajernya sendiri pun jadi admin website yang sama. Ampun deh….

Banyak kisah-kisah manis pendukung yang justru lumayan menghibur seperti kisah cinta antara produser Stefano (Kim Jong Kook, Running Man-SBS) dengan Miss Go Yang-Mi, sang staf administrasi yang galak, pelit namun seksi. Mereka selalu bertengkar, Stefano selalu menjelekkan Go Yang-Mi dan sayangnya tak seorang pun menganggap hal itu benar. Saat Miss Go Yang-Mi sakit dan seluruh staf bersenang-senang menghabiskan seluruh stok kertas yang ada, Stefano justru bersikap bagai pendukung Go Yang-Mi. Justru tanpa kehadiran musuhnya, Stefano merasa kosong.

Ada juga penulis Do-Jung di Music Bank yang berpenampilan gothic banget, tapi memiliki bodi yang aduhai dan selalu bisa membuat banyak staf laki-laki menyukainya. Lucunya gadis ini hampir tak pernah tersenyum, dan selalu punya jawaban unik saat Tak Ye Jin bertanya padanya. Yang lebih aneh lagi, Do Jung punya akses langsung dengan para penyanyi. Betapa kagetnya Tak Ye Jin ketika ia menanyakan tentang Big Bang dan Do Jung bisa memberikan jawaban dalam satu menit! Wow… anak saya bisa jejeritan kalau bisa punya grup LINE pribadi dengan penyanyi favoritnya itu, haha….

Rekomendasi saya mengenai drama ini lebih karena penulisnya adalah penulis yang menulis My Love From The Star, jadi seperti drama itu ada banyak quote yang bisa diambil inspirasinya. Tapi jangan berharap Kim Soo-Hyun tampil seperti di drama sebelumnya yang tampil keren dan cool sebagai aktor utama. Di THE Producers, Kim Soo-Hyun benar-benar digambarkan sebagai sosok anak muda yang naif terhadap dunia kerja (tahu banget deh rasanya kerja di usia muda… you will be the same as him) kadang-kadang terlihat bodoh, tapi kata-katanya selalu terdengar cerdas. Mungkin karena fresh graduate kali ya…

Saat tulisan ini dibuat, seri THE Producers masih tinggal dua episode lagi tapi belum ada kepastian akhirnya bagaimana. Mudah-mudahan Tak Ye Jin akhirnya menemukan jawaban bagus dari Ra Joon Mo dan Baek Seung Chan mau menerima cinta Cindy. Staf Admin Go Yang-Mi jadian dengan Stefano, dan CEO Byun will go to the hell… hahaha.

*****

Terima kasih telah berkunjung ya. Tinggalkan komentar yang positif dan membangun.