Tulisan Terakhir

Inspirasi Hidup dalam Nilai Kehidupan

Memilih tayangan program di Trans TV sedikit sulit untuk saya. Walaupun jarang menonton televisi, dan terkadang hanya punya waktu di akhir pekan pada hari Sabtu dan Minggu tapi Trans TV adalah pilihan televisi yang lumayan save buat saya dan keluarga. Tak ada sinetron di jam-jam malam hari saat keluarga berkumpul. Sedangkan di akhir pekan, tayangan program di siang hari lebih banyak reality show atau berita dengan konsep hiburan yang lebih bagus dibandingkan kartun-kartun yang sekarang lebih banyak mengandung unsur-unsur berbahaya tersembunyinya.

Namun, dari semua program saya memilih Nilai Kehidupan sebagai program tayangan favorit. Sejalan dengan kesukaan saya menulis kisah-kisah inspirasi, Nilai Kehidupan adalah drama penuh inspirasi yang bisa mengajarkan banyak hal tentang nilai-nilai kehidupan yang lebih baik.

Ditayangkan pada pukul 18.30 malam setiap hari Minggu, kami sekeluarga biasa berkumpul menonton program ini sebelum makan malam seusai sholat magrib. Anak-anak juga saya izinkan ikut menonton karena dari beberapa drama pendek yang ditampilkan ada yang mengandung pesan-pesan penting yang baik untuk diserap oleh anak-anak.

Kita tahu bahwa setiap program kerohanian yang ditayangkan televisi kebanyakan adalah program untuk agama tertentu. Tapi Nilai Kehidupan bersifat universal, program ini tak mengenal agama dan usia. Seluruh keluarga dengan agama apapun bisa mengambil hikmah dari pesan-pesan yang disampaikan oleh drama pendek itu, dijelaskan dalam quote-quote indah yang seringkali menjadi inspirasi seperti sesuatu yang kecil bisa berarti banyak untuk orang lain. Untuk negeri yang kini mulai mengalami kemerosotan moral, kehadiran tayangan seperti Nilai Kehidupan benar-benar menjadi sebuah nafas baru yang menyegarkan paru-paru dan hati sang bumi pertiwi yang terlalu sering basah oleh airmata kesedihan dan darah bentrok serta perkelahian antar rakyat Indonesia.

Banyak hal-hal menarik yang membuat keluarga saya betah menonton. Meski terkadang sebagai seorang penulis, saya sudah bisa menduga ending atau plot ceritanya, namun tak jarang airmata ikut jatuh jika menonton adegan-adegan yang menguras emosi. Cerita dalam drama tidak terlalu banyak tetapi sarat pesan dan makna hingga membantu kita memahami arti dari sebuah tindakan atau perbuatan.Nilai Kehidupan adalah drama pendek yang sepertinya diinspirasi oleh aneka pesan inspirasi, namun selama kurang lebih satu jam kita dibawa untuk memahami berbagai Nilai Kehidupan yang berbeda. Berbagai perasaan seperti kehilangan, kekurangan dan keegoisan ditampilkan dengan penyelesaian yang berbeda seperti penyesalan, pengertian, kebanggaan dan kebahagiaan. Sungguh menjadi pengajaran yang baik untuk kehidupan.

Untuk urusan menginspirasi, Trans TV memang punya cara yang top. Paling tidak di tengah gempuran drama Korea dan sinetron-sinetron tak bermutu, Trans TV bisa memberi sentuhan berbeda melalui drama asli produk Indonesia. Untuk saya yang sama sekali tak gemar mengikuti cerita seri beratus-ratus hingga ribuan episode juga cerita-cerita berbelit-belit tak jelas juntrungannya, tayangan singkat drama pendek di Nilai Kehidupan sangat pas untuk saya.

Semoga Nilai Kehidupan terus memberi kita inspirasi, agar hidup kita jadi lebih baik dengan menyerap nilai-nilai moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

*****

 

Terima kasih telah berkunjung ya. Tinggalkan komentar yang positif dan membangun.